books review

Untuk Indonesia yang Kuat

Adalah sebuah buku motivasi untuk memperkuat Indonesia dari segi keuangan yang dibuat oleh seorang perencana keuangan yang kece, siapa lagi kalau bukan Ligwigna Hananto. She’s so amazing. I really like her mind.

Saya mem-follow dia di twitter, dan serasa ada asupan energi positif setiap saya membaca tweet-tweet-nya dia. Serasa bisa menjadi orang kuat dari segi finansial di Indonesia, padahal siapa sich saya?! Kaya juga enggak, tapi Alhamdulillah ada rumah untuk ditinggali, ada penghasilan setiap bulan dan (berusaha) untuk selalu mempunyai tabungan. Lalu apa hubungannya dengan judul “Untuk Indonesia yang Kuat” ?

Judulnya mencerminkan isi dalam buku ini

Dalam buku yang bersampulkan kepalan tangan yang kuat ini, Ligwigna atau di twitter terkenal dengan @mrshananto, ingin menyadarkan kita, kaum muda yang (merasa) berada di kelas menengah untuk memperkuat perekonomian Indonesia. Wuidih….terdengar idealis? Yes, she is and I believe that we can do it! Terdengar seperti Obama? Yes, karena salah satu alasan atau pendorong terbitnya buku ini adalah ketika Lidwigna mendengarkan pidato Obama (tanpa sengaja) di tv.

Nah, jika kalian mengira buku ini akan menggunakan bahasa yang berat, rumus keuangan yang ribet, buku yang tebal dengan diagram-diagram jungkir balik, u are wrong guys!

Buku ini kece, dari segi sampul, kertas yang digunakan, pilihan warna untuk beberapa penjelasan di beberapa babnya dan terlebih, kekuatan pemilihan bahasa dalam buku ini. Masalah ribet dan ruwet tentang pengelolaan uang jadi terlihat begitu mudah ASALKAN kita berkomitmen untuk menjalankan semua program demi tujuan finansial kita masing-masing.

Baiklah…saya akan berhenti di sini dulu karena saya juga belum selesai baca buku ini. Nanti dech dibikinin reviewnya :)

Oia, sekedar sharing gak mutu, saya kemarin beli buku ini di Gunung Agung Blok M Plaza dan eng-i-eng….SPG dan SPBnya kesulitan mencari buku ini untuk saya. Di komputer ada judul buku ini, eh pas dicari di raknya tidak ada. Musti cari dulu (entah dimana). Yang pasti, ketika saya memutuskan untuk keluar, di pintu keluar, SPBnya memanggil saya, “Ini Mbak ada. Tinggal 1.” Jelebeb…akhirnya beli juga :)

Deva, yang geregetan dengan pengelolaan finansial diri sendiri, February 18,2011

14 thoughts on “Untuk Indonesia yang Kuat

  1. dulu g sering denger talk shownya di Hard Rock fm Jakarta..dari cara dia berbicara memang orang sangat optimis dan cerdas banget..semoga nanti g bisa dapet bukunya..help me with that ya, va..nice piece of blog of urs this one..keep ur godd work ya …:)

    • Yawda, seperti yang tadi gw bilang di twitter, lo transfer aja ke gw nanti gw akan kirim ke lo ya :)
      Big hug for u, my dearest friend. We miss u soooooo much, Cha and never boring to say that :)

  2. tapi………
    pengalaman sy kebanayakan membaca buku dg tema sama justru membuat kita tak segera beraksi… :D

    tp drpd tdk beraksi dan tdk membaca, sy rasa membaca tetep saja lebih baik….
    isinya apaan?
    resume dan reviewnya dong…
    ringkasan jg boleh :D

      • Wujud nasionalisme itu bisa berbagai macam Mas, terserah masing-masing orang. Ada yang ahli di bidang seni, dia mewujudkan nasionalismenya dgn cara mbuat acara seni bertema Indonesia, ada travel guide yang berjiwa nasionalisme, dia buat buku ttg indahnya Indonesia. Sama seperti mbak Ligwina yang nasionalismenya ia wujudkan dengan membuat buku yang berisi pembangkitan dan penguatan perekonomian masyarakat kelas menengah.

        Mengenai jangan buang sampah sembarangan-> saya selalu ambil foto ttg itu kemana pun saya pergi dan itu bisa dibilang salah satu wujud nasionalisme saya.
        Sarah Sechan pun setiap di akhir artikelnya di Fimela.com dia selalu mencantumkan pesan: Jangan buang sampah sembarangan.

Leave a Reply

